Header Ads

Mengubah settingan command prompt

Dalam aktivitas di windows, jarang ada orang yang menggunakan Command Prompt (cmd). Namun bagi para networking atau orang yang bergelut dibidang jaringan, CMD sangat berguna. Meskipun belum terlalu mahir (tidak sampai 20 perintah yang saya ketahui), dan saya masih mencari ilmu tentang program bawaan windows ini.

Postingan saya kali ini adalah cara untuk mengubah tampilan dari program ini. Mungkin sudah banyak yang tahu secara detail tentang seluk beluk program ini, tapi saya coba sharing kepada yang belum mengetahuinya.

Tanpa lebih banyak basa-basi langsung aja ke topiknya.:)


  • Merubah tampilan CMD

Untuk bagian yang pertama kita coba untuk merubah tampilan dari CMD.

Untuk membuka CMD: klik start – all program – accessories – command prompt।

Gambar CMD


Klik kanan pada CMD – properties









gambar cmd2



Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah.

















Gambar CMD properties


Pada awalnya warna backgroundnya adalah hitam dan warna

textnya adalah abu-abu. Untuk settingan selanjutnya terserah selera anda. Disini saya membuat warnanya seperti settingan warna pada BIOS. Kira-kira hasilnya seperti ini,









Gambar CMD3


  • Merubah direktori awal yang dituju

Apakah anda merasa ada yang unik pada awal membuka CMD? Mungkin salah satunya adalah direktori awal yang ditujukan pada program ini. Setiap menjalankam CMD kita mendapatkan direktori awalnya adalah C:\user\(nama user)>. Ada cara mudah untuk merubah settingan ini.

Klik kanan pada shortcut CMD, lalu pilih properties.

















Gambar CMD properties2


Pada tab shortcut rubah nama yang ada pada kolom start in menjadi direktori yang akan dituju. Contoh: D:\belajar\sains . dalam pembuatannya saya hanya membuat d:\.









Gambar CMD4


  • Merubah comment pada shortcut

Dibagian ke-3 ini saya coba buat hal yang sedikit berkesan. Yaitu merubah comment yang ada pada shortcut sebuah program, dalam hal ini adalah CMD. Pada comment awalnya adalah seperti gambar dibawah,
















Gambar Shortcut CMD


Langkah-langkah untuk merubahnya hampir sama dengan langkah yang ada pada bagian kedua.

Klik kanan pada shortcut CMD, lalu pilih properties. Bedanya, yang kita rubah adalah pada kolom comment. Terserah mau diganti apa, contohnya saya membuat dengan “Nama Saya Vegi”.

















Gambar CMD properties3


Dan hasilnya,

















Gambar Shortcut CMD2



sekian dulu ya......

No comments

Powered by Blogger.